Minggu, 14 Juni 2009

'Umar Bin Khaththab (3)

BEBERAPA KEUTAMAAN 'UMAR RA.
Seluruh Sahabat ra., Salafush Shalih dan seluruh Ahlus Sunnah sepakat bahwa 'Umar adalah orang (kedua) terbaik dalam umat inisetelah (RasuluLlah shallallahu alaihi wa sallam. dan) Abu Bakar ra.Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Sa'ad bin Abi Waqqash ra., dia berkata, RasuluLlah shallallahu alaihi wa sallam.bersabda:"Wahai Ibnul Khaththab, demi Dzat Yang jiwaku ada di Tangan Nya, sekali-sekali syetan tidak akan melalui suatu jalanyang akan engkau lewati."Abu Hurairah ra. berkata, bahwa RasuluLlah saw. bersabda:"Di antara umat-umat sebelum kamu ada orang-orang yang muhaddats (mendapat ilham), jika orang tersebut ada padaumatku, pasti dia adalah 'Umar." (HR. Bukhari)Dari Ibnu 'Umar ra. bahwa RasuluLlah saw. bersabda:"Sesungguhnya Allah menjadikan kebenaran di lidah dan hati 'Umar." (HR. Tirmidzi)Imam Tirmidzi dan Al-Hakim –dia menyatakan bahwa riwayat ini shahih– meriwayatkan dari 'Uqbah bin Amir dia berkata,RasuluLlah saw. bersabda: "Andaikata setelah aku ada nabi pastilah dia 'Umar."Ibnu Asakir meriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. Dia berkata: RasuluLlah shallallahu alaihi wa sallam. bersabda:"Tidak ada satu malaikat pun di langit yang tidak menghormati 'Umar, dan tidak ada satu syetan pun yang ada di atasbumi kecuali dia akan takut kepada 'Umar."Imam Bukhari dan Muslim juga meriwayatkan dari Said Al-Khudri ra., dia berkata, Saya mendengar RasuluLlah shallallahu alaihi wasallam. bersabda:"Di saat aku sedang tidur, kuihat orang-orang ditampakkan kepadaku. Mereka memakai baju, ada yang sebatas dada danada yang di bawah itu . Ditampakkan kepadaku 'Umar, dia memakai baju yang panjang dan menyeretnya." Para Sahabatbertanya: "Apa takwilnya, wahai RasuluLlah?" RasuluLlah shallallahu alaihi wa sallam. Menjawab: "Agama."Diriwayatkan pula oleh Bukhari dan Muslim, bahwa RasuluLlah saw. bersabda:"Tatkala saya tidur, saya bermimpi minum susu hingga saya melihat dalam mimpiku air mengalir dari kuku-kukuku, lalusaya minumkan air itu kepada 'Umar." Para sahabat ra. bertanya: "Apa takwilnya, wahai RasuluLlah?" RasuluLlah shallallahualaihi wa sallam. Menjawab: "Ilmu."Imam Bukhari meriwayatkan dari 'Umar ra., dia berkata: "Pendapatku bersesuaian dengan Kehendak Allah dalam tiga hal: Pertama,saya pernah berkata kepada RasuluLlah, anadaikata kita menjadikan Maqam Ibrahim sebagai tempat shalat. Lalu turunlah ayat Allah:"...dan Jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim[1] tempat shalat...." (Q. S. Al-Baqarah : 125)[1] Ialah tempat berdiri Nabi Ibrahim a.s. diwaktu membuat Ka'bah.Kedua, saya katakan kepada RasuluLlah, Yaa RasuluLlah, orang yang baik dan buruk perangainya masuk ke dalam rumahisteri-isterimu, alangkah baiknya jika kau perintahkan mereka untuk berhijab. Kemudian turunlah ayat hijab. Dan ketiga, para isteriRasuluLlah saw. Berkumpul karena dilandasi rasa cemburu. Maka saya katakan semoga Allah menceraikan kalian semua dan Diamenggantinya dengan isteri-isteri yang lain yang lebih baik dari kalian. Lalu turunlah firman Allah tentang hal ini."Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dalam Tafsirnya dari Anas, dia berkata: 'Umar berkata: "Saya melakukan empat hal yang sesuaidengan kehendak Allah. Tatkala turun ayat:"Dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah." (Q. S. Al-Mu'minuun :12)Saya katakan: "Maka Maha Suci Allah, Pencipta Yang Paling Baik," maka turunlah ayat:"...Maka Maha Suci Allah, Pencipta Yang Paling Baik." (Q. S. Al-Mu'minuun : 14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar